DPPPA Kota Makassar Gelar Kegiatan Antisipasi Perilaku Bullying Berbasis Sekolah

14
Nov 2023
Kategori : BERITA
Penulis : admin
Dilihat :231x

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Dalam rangka Antisipasi tindak bullying di sekolah, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Makassar menggelar forum diskusi dengan tema Pencegahan Bullying dan Kekerasan Pelajar Berbasis Sekolah di Hotel Karebosi Primer, Kota Makassar yang dilaksanakan pada Selasa (14/10/23).

Kegiatan itu merupakan salah satu program untuk pencegahan kasus perundungan atau Bullying.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak, Amirai. Menurutnya upaya yang dilakukan untuk mencegah bullying adalah memperkuat pemahaman agama serta melakukan komunikasi yang baik dalam keluarga.

“Itu untuk mengembangkan kecerdasan emosional, mengembangkan kepercayaan diri, dan bijak dalam menggunakan gadget,” tuturnya.

Dirinya juga meminta kepada pihak keluarga agar dapat berkontribusi dengan membuat program kebijakan pencegahan perilaku bullying.

“Itu dapat membangun komunikasi efektif antara guru dan murid, menciptakan suasana lingkungan sekolah yang aman, nyaman dan kondusif,” jelasnya.

Lebih lanjut Dr. Syarifuddin selaku pemateri pada kegiatan itu memaparkan tentang penguatan sistem keamanan di lingkungan sekolah. Menurutnya hal itu, sebagai upaya pencegahan agar tidak terjadinya perilaku perilaku kekerasan yang terjadi pada siswa.

“Salah satu sistem untuk memperkuat keamanan yaitu melalui pemasangan CCTV di area sekolah. Tentu dengan CCTV ini dapat dengan efektif mengawasi aktivitas, dapat mendeteksi kasus bullying yang akurat dan valid, serta yang terpenting membuat efek pencegahan siswa. Agar nantinya siswa terasa terawasi sehingga mengurungkan niatnya untuk melakukan bahkan menghilangkan sikap bullying, “paparnya.

Diketahui pada kegiatan itu, dihadiri oleh puluhan peserta yang terdiri dari orang tua siswa, mahasiswa, dan organisasi FAM (Forum Anak Makassar).

sumber : https://edunews.id/dp3a-makassar/dpppa-kota-makassar-gelar-kegiatan-antisipasi-perilaku-bullying-berbasis-sekolah/

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar

 

twelve + 12 =