DP3A Ambil Bagian Dalam Persiapan Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Provinsi

20
Mei 2023
Kategori : BERITA
Penulis : admin
Dilihat :165x

MAKASSAR, SULSELNET.COM — Kelurahan Maccini Sombala didaulat mewakili Kota Makassar dalam lomba Kelurahan Terpadu tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Ada beberapa poin penilaian penting yang akan dinilai dalam lomba kelurahan terpadu. Salah satunya, sosialisasi dan penguatan lembaga layanan anak yang memerlukan perlindungan khusus terhadap warga Kelurahan Maccini Sombala.

Dalam sosialosasi dan penguatan lembaga layanan anak khususnya yang berkebutuhan khusus, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar mengambil bagian atau peran dalam pembinaan.

Hal itu dibuktikan dengan pelaksanaan kegiatan pengembangan Komunikasi Informasi dan Edukasi yang Memerlukan Perlindungan Khusus Kab/Kota Tahun Anggaran/2023 mengangkat tema “Penguatan lembaga Layanan Anak Berkebutuhan Khusus di Lorong Wisata”.

“Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Maccini sombala yang merupakan kelurahan yang ikut dalam lomba kelurahan terpadu. Kita masuk disitu untuk lebih membina dan melihat kasus-kasus khsusunya perempuan dan anak di daerah tersebut,” ucap, Kepala Bidang Perlindungan Khusus Anak (PKA) DP3A Makassar, Dra. Sulfiani Karim, Jumat (19/5/2023).

Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan agat warga Kelurahan Maccini Sombala dapat lebih concern terhadap 15 item anak yang memerlukan perlindungan khusus.

Dan diharapkan pula tidak ada lagi kasus- kasus terhadap anak yang terjadi. Apalagi pada anak yang berkebutuhan khusus.

Sulfiani juga mengimbau kepada masyarakat Maccini Sombala melakui Shelter Warga Kelurahan agar memantau jika ada kekerasan.

Karena, anak dan perempuan atau anak berkebutuhan khusus(penyandang disabilitas ) memiliki hak diantaranya mendapatkan Pelindungan khusus dari Diskriminasi, penelantaran, pelecehan, eksploitasi, serta kekerasan dan kejahatan seksual. Mendapatkan perawatan dan pengasuhan keluarga atau keluarga pengganti untuk tumbuh kembang secara optimal.

“Perlakukan yang sama dengan anak lain untuk mencapai integrasi sosial dan pengembangan individu dan mendapatkan pendampingan sosial. Inilah yang kita bantu bina di Kelurahan Maccini Sombala apalagi Kelurahan ini ikut lomba tingkat provinsi,” tukasnya.

sumber :http://sulselnet.com/2023/05/20/dp3a-ambil-bagian-dalam-persiapan-lomba-kelurahan-terpadu-tingkat-provinsi/

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar

 

seventeen + thirteen =