Perempuan Alami Kekerasan, Ahli Forensik: Jangan Pernah Takut Speak Up

13
Des 2022
Kategori : BERITA
Penulis : admin
Dilihat :323x
Edukasi pencegahan kekerasan perempuan, anak dan tindak pidana perdagangan orang, angkatan XIII, yang diselenggarakan DP3A Kota Makassar, di Hotel Arthama, Senin (12/12/2022).

HERALDSULSEL.ID, MAKASSAR — Perempuan dan Anak kerap kali mendapatkan kekerasan baik secara fisik maupun psikis. Melihat hal tersebut, Spesialis Forensik RS Bhayangkara, dr Denny Matius menghimbau jangan pernah takut untuk speak up atau berbicara ketika perempuan-perempuan dan anak mengalami kekerasan. Hal ini ia katakan, saat menjadi pemateri dalam kegiatan edukasi pencegahan kekerasan perempuan, anak dan tindak pidana perdagangan orang, angkatan XIII, yang diselenggarakan DP3A Kota Makassar, di Hotel Arthama, Senin (12/12/2022). “Kekerasan dari siapapun itu. Baik dari orang terdekat maupun dari lingkungan sekitar. Karena, kita dilindungi oleh hukum dan punya hak untuk membela diri,” ucapnya.

dr Denny menyebut bahwa kasus kekerasan dan perdagangan orang meningkat saat pandemi melanda.

Puncaknya di tahun 2021. Hal ini dikarenakan adanya korelasi antara pandemi dan kondisi ekonomi masyarakat yang sempat drop.

Hingga November saat ini kasus kekerasan kepada perempuan dan juga naik mencapai 1.000an kasus. “Meskipun sempat turun di bulan juni lalu. Ini karena banyaknya perempuan yang sudah bisa speak up dan tidak tinggal diam. Bahkan saya visum itu banyak yang mengerikan sampai ada pelecehan seksual yang di alami anak usia 9 tahun dan pelakunya umur 13 tahun. Miris,” ungkapnya.

Kata dr Denny, tugas dari pihak DP3A sangat berat dan sulit. Namun, saya melihat pihaknya selalu menggenjot untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Usahanya sangat gigih. DP3A Makassar menyentuh sampai masyarakat lorong. Dari lorong ke lorong wisata. Hingga membentuk shelter warga untuk wadah kepedulian jika masyarakat sekitar mendapat kekerasan bisa langsung ke shelter warga atau UPTD Dp3A,” tuturnya.

sumber : https://sulsel.herald.id/2022/12/12/perempuan-alami-kekerasan-ahli-forensik-jangan-pernah-takut-speak-up/2/

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar

 

one × 4 =