DP3A Makassar Kumpulkan Binmas dan Babinsa Bantu Tim Shelter Warga

26
Sep 2022
Kategori : BERITA
Penulis : admin
Dilihat :270x

HERALDSULSEL.ID, MAKASSAR – Setelah membentuk shelter warga di 30 kelurahan untuk tahun ini, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar menggelar peningkatan kapasitas SDM Shelter Warga dalam pendampingan kasus, di Hotel Melia, Senin, 26 September 2022. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Perlindungan Perempuan DP3A, Hapidah Djalante dengan peserta tim shelter warga angkatan 3 tahun 2022. Tak ketinggalan Binmas dan Babinsa setiap kelurahan angkatan 3 ikut hadir. Hapidah mengatakan pelibatan anggota Binmas dan Babinsa dalam kegiatan ini bertujuan agar terbentuknya kaloborasi antara warga dan aparat setempat. “Jadi kita libatkan aparat setempat agar jika ada kasus binmas dan babinsa bisa kompak menangani dengan tim shelter warga agar bisa mencari jalan keluar,” ujarnya.

Kata Hapidah, antusias para anggota binmas dan babinsa sangat terlihat ketika diminta tuliskan dan pecahkan satu kasus yang kerap terjadi di lingkungan tugasnya. Seperti KDRT, Kekerasan fisik, psikis, seksual dan penelantaran.

Setelah itu, setiap tim anggota shelter memaparkan hasil diskusinya di hadapan tim shelter dari kelurahan lainnya. “Jadi satu shelter itu ada anggota binmas dan babinsanya, ketua shelter, sekretaris, Unit KTP/A, PATBM dan unit Puspaga. Jadi lengkap,” sebutnya. Karenanya, Hapidah berharap dengan kegiatan yang diberikan para peserta dapat menerapkannya di lapangan. Baik dari tata cara administrasi pelaporan, manajemen kasus dan pendampingan kasus. (*)

sumber : https://sulsel.herald.id/2022/09/26/dp3a-makassar-kumpulkan-binmas-dan-babinsa-bantu-tim-shelter-warga/

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar

 

7 + 15 =