Ini Inovasi DPPPA Makassar yang Dipaparkan saat Rakorsus 2024

28
Feb 2024
Kategori : BERITA
Penulis : admin
Dilihat :181x

Kepala Dinas PPPA Makassar Achi Soleman. (Klikkiri.co).

klikkiri.co – Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar turut dihadiri oleh jajaran Dinas Perlindungan Perempuan dan Pemberdayaan Anak (DPPPA).

Kepala Dinas PPPA Makassar Achi Soleman mengatakan bahwa terkait dengan Rakorsus kali ini pihaknya menyampaikan mengenai capaian dan inovasi DPPPA.

Pertama, adalah Shelter Warga, yang merupakan wadah komunitas yang melakukan pelayanan perlindungan perempuan dan anak berbasis masyarakat.

Kedua, pihaknya juga punya inovasi “BACCE” akronim dari Balla’ Maccaradde’ (Rumah Pintar Perempuan.

Ketiga, adalah “LABASO KAWIN” atau Kolaborasi Pencegahan Pernikahan Anak, ini bekerja sama dengan beberapa komponen yang ada di Kota Makassar.

Keempat, ada “PACAR MANIS” atau Perlindungan Anak Pasca Perceraian, mengingat angka perceraian di Makassar tidaklah sedikit menyentuh angka 1.800 an orang yang bercerai 

“Dari angka 1.800 an itu, kemungkinan ada dua anak, maka jika dikalikan 1.800×2 maka ada 3.600 an anak yang mungkin terabaikan,” kata Achi dalam Rakorsus tersebut.

Sementara itu, keterkaitan atau kontribusi DPPPA dengan isu low carbon yang pertama adalah program gender dan isu perubahan lingkungan.

“Terkait dengan perubahan iklim, maka dampak yang paling dirasakan dengan krisis air bersih, banjir, adalah perempuan dan anak yang paling merasakan,” kata Achi.

Maka dari itu, pihaknya merencanakan inovasi yakni “MAK CAMAT” yang merupakan akronim Perempuan Cerdas, Sehat, Hemat.

“Ini penting bagaimana perempuan saling mengedukasi sesama perempuan. Yang kami gunakan nantinya adalah komunitas shelter warga di 85 kelurahan saat ini,” kata Achi.

Achi berharap angkat kekerasan terhadap perempuan bisa menurun agar segera terwujud misi Perempuan sehat, cerdas.

“Yang terpenting mari ‘Jagai Suami ta’ dan ‘Jagai Anak Ta’,” ujarnya. (***)

sumber : https://klikkiri.co/2024/02/28/ini-inovasi-dpppa-makassar-yang-dipaparkan-saat-rakorsus-2024/

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar

 

19 − nine =