FGD DP3A Makassar: Ketahanan Keluarga Jadi Isu Nasional, Ini Tantangannya!

30
Sep 2022
Kategori : BERITA
Penulis : admin
Dilihat :257x

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Keluarga mempunyai peran penting dalam mencetak generasi masa depan yang berkualitas. Sebab, keluarga merupakan unit terkecil terdekat yang dapat membentuk karakter seseorang.

Saat ini, pembangunan keluarga menjadi salah satu isu nasional yang menekankan pada ketahanan keluarga.

Hal ini disampaikan Rusmayani Madjid, Asisten II Pemerintah Kota Makassar selaku pemateri dalam FGD Peningkatan Ketahanan Keluarga Secara Inklusi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar di Hotel Gammara, Jumat (30/9/2022).

“Mengapa jadi isu nasional? karena sudah banyak sekali kriminalitas yang terjadi di keluarga,” ujarnya.

Di Makassar sendiri, lanjut Rusmayani, ada beberapa tantangan pembangunan keluarga secara umum.

“Ada beberapa tantangan keluarga, seperti masalah perceraian, stunting, perkawinan usia anak, kemiskinan, KDRT, kasus hukum pada anak dan penyalahgunaan narkoba,” terangnya.

Ia pun menekankan perlunya berbagai intervensi dan pendekatan untuk menghadapi problem dalam keluarga, salah satunya menjaga intensitas dan kualitas komunikasi.

“Ingat untuk selalu berkumpul dengan keluarga. Keluarga yang sering berkegiatan bersama akan memiliki ikatan emosional yang kuat dan akan membangun ketahanan keluarga,” ucapnya.

Reskiana Ramayanti selaku pemateri kedua dari Kejaksaan Tinggi Sulsel, menyebutkan lima aspek dimensi ketahanan keluarga.

“Ketahanan keluarga itu dilihat dari dimensi legalitas dan keutuhan keluarga, ketahanan fisik, ketahanan ekonomi, sosial psikologis, dan ketahanan sosial budaya,” paparnya.

Ia menambahkan tantangan yang mesti diantisipasi dalam upaya pembangunan ketahanan keluarga.

“Perlu dilihat adanya perubahan siginifikan, baik dari segi informasi maupun pergaulan. Makanya orang tua mesti memberikan pendidikan yang baik ke anak anak,” pungkasnya.

sumber : https://edunews.id/daerah/pemkot-makassar/fgd-dp3a-makassar-ketahanan-keluarga-jadi-isu-nasional-ini-tantangannya/

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar

 

eleven − 7 =