Pengarusutamaan Gender, DPPPA Lakukan Pengumpulan dan Pengolahan Data Akurat dan Terpilah

28
Sep 2022
Kategori : BERITA
Penulis : admin
Dilihat :196x
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Makassar melakukan kegiatan Penyediaan Data Gender dan Anak di Kewenangan Kabupaten/Kota, di hotel Gammara, Rabu, 28 September 2022.

HERALDSULSEL.ID, MAKASSAR – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Makassar melakukan kegiatan Penyediaan Data Gender dan Anak di Kewenangan Kabupaten/Kota, di hotel Gammara, Rabu, 28 September 2022. Kepala Bidang Data dan Informasi DP3A, Sulfiani Karim mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah pengarusutamaan gender untuk menyempurnakan program pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kota Makassar. Langkah awal yang dilakukan DPPPA adalah melakukan pengumpulan dan pengolahan data yang akurat dan terpilah dari setiap OPD Pemkot Makassar. “Kita minta data setiap OPD misalnya di Dukcapil itu jumlah penduduknya ada laki laki dan perempuan datanya nanti dihimpun dan kita buatkan buku gender dan anak setiap tahunnya,” ujarnya.

Tujuan data terpilah ini untuk memudahkan dan melihat sejauh mana keberhasilan program pembangunan yang telah berjalan.

Kedepan akan dibuatkan aplikasi Sidak, Sistem Informasi dan Sistem Gender dan Anak untuk memprofilkan Gender dan Sistem Informasi Gender dan Anak (SIGA) Kota Makassar.

“Cuman dalam waktu ini ada penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kita kaitkan dengan Gender Budget Statmen (GBS),” katanya. Sulfiani mencontohkan, pengumpulan data dilakukan di setiap OPD semisal di Dinas Perpustakaan mengambil data pengunjung bagi setiap yang berkunjung baik di perpustakaan sekolah maupun di masing-masing kecamatan. “Apalagi di perpustakaan sekolah kita akan tahu data terpilahnya jenis kelamin, umur nilai geografisnya misalnya kalau di kecamatan,” jelas Sulfiani.

sumber : https://sulsel.herald.id/2022/09/28/pengarusutamaan-gender-dpppa-lakukan-pengumpulan-dan-pengolahan-data-akurat-dan-terpilah/

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar

 

one × five =