DP3A Berikan Pemahaman Konseling dan Parenting Bagi Tim Shelter Warga

28
Sep 2022
Kategori : BERITA
Penulis : admin
Dilihat :221x

ZONASULSEL.COM,MAKASSAR | Peningkatan kapasitas Sumber Daya Lembaga Shelter Warga terus digenjot oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar.

Lewat materi Konseling dasar dan Parenting Keluarga Tim shelter warga angkatan V tahun anggaran 2022 ini memperoleh pemahaman mendalam terkait tugasnya.

Dengan tujuan agar tim shelter warga, Binmas dan Babinsa dapat bersinergi lebih untuk menangani masalah yang terjadi di wilayahnya.

Ada dua pemateri yang hadir dalam kegiatan ini yakni Rizki Isnaeni seorang psikolog membahas dasar konseling dan Baso Temmanenga, Pegiat HAM membawakan materi peran shelter warga dalam penguatan fungsi keluarga melalui parenting.

“Shelter warga ini kan dibentuk di tingkat kelurahan untuk berpartisipasi terhadap pemenuhan hak anak dan perempuan serta pencegahan bagi tindak kekerasan. Minimal dasar-dasar konseling mereka paham,” ucap Kepala Bidang Perlindungan Perempuan DP3A, Hapidah Djalante, Rabu (28/09).

Agar dalam menangani masalah tim shelter warga tidak lagi kebingunan dan panik karena sudah memahami dasar-dasar konseling.

Adapun keterampilan dasar konseling yakni perhatian, empati, parapharasing, refleksi perasaan, klarifikasi dan dorongan .

Sama pentingnya dengan parenting. Parenting ilmu tentang mengasuh, membimbing, serta mendidik anak dengan cara baik dan benar.

“Pola asuh yang benar akan menciptakan anak-anak yang positif. Pola asuh ini didapatkan mulai dari lingkungan rumah hingga ke masyarakat,” pungkasnya. (*)

sumber : https://zonasulsel.com/2022/09/28/dp3a-berikan-pemahaman-konseling-dan-parenting-bagi-tim-shelter-warga/

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar

 

5 + one =